Tuesday 26 July 2016

Format/Erase CD-RW Menggunakan K3B

K3B (Kde Burn Tools) adalah aplikasi Linux dengan lisensi GNU GPL yang digunakan sebagai tool yang berhubungan dengan CD dan DVD seperti menyalin file (back up), burning, disk copy, menyalin iso, audio & video CD dan lain-lain.


Salah satu tools-nya yang cukup menarik peminat akhir-akhir ini yaitu tool Format/Erasing. Sebuah tool yang memungkinkan Anda mengkosongkan kembali CD/DVD dengan kurun waktu yang sangat singkat. Dibawah ini akan diberikan tutorial tentang bagaimana seseorang mem-format CD-nya menggunakan K3B.


Step 1: Buka K3B(Kde Burn Tools)

Buka K3B Anda dengan mengklik icon yang terdapat pada Desktop atau melalui terminal dengan mengetikan perintah ~$k3b, sebelumnya Anda harus masuk sebagai root.



Step 2: Format/Erase Rewitable Disk
Setelah berhasil membuka K3B dan masuk di layar awal, close dialog tips, dilanjutkan dengan mengklik Tools tepat berada dibagian header. Kemudian pilih Format/Erase Rewitable Disk dan akan muncul dialog seperti berikut:



/2016/07/FormatataueraseCDatauDVRWMenggunakanK3B.html


Selanjutnya pilih media CD/DVD yang terhubung, kecepatan auto, dan dibagian Settings centang kedua-duannya. Kemudian klik Start untuk memulai membersihkan. Jika muncul "Action Dialog Setting", pilih yang di recomendasikan atau Default Setting. 


Ini akan memakan waktu tergantung seberapa besar data yang terdapat pada CD/DVD-RW Anda. 

Arikel terkait lainnya: 



Artikel Lainnya

Format/Erase CD-RW Menggunakan K3B
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan update artikel Linux, tutorial, dan masih banyak lagi langsung ke INBOX Anda. Gratis !!!